Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain dan Denah Rumah Idaman Split Level ukuran 5x10 meter


InspirasiRumahIdaman.my.id - Apa kabar sahabat inspirasi rumah idaman? Semoga selalu dalam kesehatan ya. Pada kesempatan kali ini saya akan share desain rumah yang berukuran 5x10 meter, yang berdiri diatas lahan 5 x 15 meter. Jadi ada sisaan lahan yang bisa dimanfaatkan untuk halaman depan dan halaman belakang.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Meskipun dari luar terlihat sempit tapi bagian dalam rumah ini akan terasa lega. Karena desain rumah ini memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya. Untuk bagian depannya sendiri terdapat carport yang berukuran 2.5 x 6.5 meter. Dengan ukuran tersebut carport ini bisa ditempatkan 1 unit mobil dan 2 unit sepeda motor. Di samping carport terdapat taman yang berukuran 2.5 x 3 meter, taman tersebut adalah salah satu area penghijauan di rumah ini yang bertujuan agar rumah memiliki kualitas udara yang lebih baik.

Terdapat tangga menuju ruang tamu tangga tersebut terbuat dari beton yang tentunya akan kuat dan tahan segala kondisi cuaca. Namun jika dirasa tampilannya kurang bagus anda bisa menambahkan keramik pada permukaan anak tangga tersebut dan untuk ukuran lebar tangganya yaitu 1 meter.

1. Ruang Tamu

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Begitu masuk rumah kita akan disambut dengan ruang tamu. Ruangan ini berukuran 2.5x3.5 meter dengan ketinggian terhadap plafon yaitu 2.8 meter. Dengan ukuran panjang 3.5 meter ruang tamu ini sangat leluasa untuk ditempatkan beberapa tempat duduk untuk keperluan tamu selain itu ruangan ini juga masih bisa ditempatkan coffee table sebagai tempat untuk suguhan ataupun cemilan tamu.

2. Lantai Dasar/ Bawah

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Sebelum ke lantai atas kita ke lantai bawah terlebih dahulu dengan melewati tangga yang memiliki lebar 90 cm, dimana lantai bawah ini lebih rendah 1.6 meter dari ruang tamu. Pada bagian samping kiri terdapat wastafel yang berfungsi untuk keperluan cuci tangan ataupun cuci muka, dimana wastafel ini bisa digunakan untuk tamu maupun penghuni rumah. Area dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk gudang dengan ukuran 1x2.5 meter yang bisa digunakan untuk menaruh barang barang yang jarang digunakan.

Lalu di bagian kiri wastafel terdapat powder room yang berukuran 1x1.5 meter. Powder room adalah toilet yang digunakan untuk keperluan tamu dan biasanya powder room hanya terdapat wastafel serta kloset.

3. Ruang Keluarga, Ruang Makan dan Dapur

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Pada ruang berikutnya terdapat ruang keluarga, ruang makan, serta dapur yang dibuat open space. Panjang ruangan ini yaitu 6.5 meter dan lebarnya yaitu 3 sampai 4 meter. Ruangan ini akan terasa sangat luas berkat bukaan kaca yang besar baik dari bagian depan maupun belakang. Selain terlihat lebih luas, dengan adanya 2 arah bukaan tersebut akan membuat sirkulasi udara pada ruangan ini menjadi sangat maksimal karena udara masuk dari arah depan akan mengalir ke arah belakang.

Untuk area makannya rumah ini terdapat meja makan dengan ukuran 180 x 90 cm Dengan ukuran tersebut meja makan ini cukup ideal untuk dipakai 6 orang. Dan untuk area dapurnya sendiri bisa ditempatkan kitchen set yang cukup besar, dimana kitchen set tersebut dipenuhi ruang penyimpanan ataupun storage yang cukup banyak. Pada area dapur ini juga terdapat bukaan jendela geser agar membantu membuang bau pada saat masak.

4. Halaman Belakang

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Lanjut kita ke halaman belakang halaman belakang ini berukuran 5 x 2 meter dimana halaman belakang ini bisa digunakan untuk keperluan taman dan juga tempat untuk menjemur pakaian. Terdapat space atau ruang kosong yang berukuran 1x1.5 meter. Ruang kosong tersebut digunakan sebagai tempat cuci ataupun tempat mesin cuci. 

5. Kamar Tidur 1

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Lanjut kita ke lantai berikutnya dengan perbedaan ketinggian lantai terhadap ruang tamu yaitu 1.6 meter dimana pada lantai Ini terdapat 2 kamar tidur serta 1 kamar mandi. Kamar tidur anak ke 1 berukuran 3 x 3.25 meter dengan ketinggian plafon 2.8 meter dengan ukuran tersebut kamar ini bisa ditempatkan tempat tidur double size, yaitu tempat tidur yang berukuran 120 x 200 cm. Bukaan jendela kamar ini terletak pada bagian bawah dengan menggunakan model jendela geser. Jendela tersebut dilapisi teralis besi untuk keamanan. Jadi teralis tersebut dapat menghindari anak terperosok atau loncat lewat jendela Sebagai pelengkap furniture kamar lainnya kamar ini juga dilengkapi lemari pakaian serta meja belajar 

6. Kamar Tidur 2

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Dari kamar anak ke 1 lanjut kita ke kamar anak Ke 2 berukuran 3 x 3.25 meter dengan ketinggian plafon 2.8 meter. Kamar ini juga dilengkapi tempat tidur double size, bedside table, lemari pakaian, serta meja belajar namun yang membedakan dari kamar anak ke 1 yaitu dari jendelanya, dimana bukaan jendela kamar ini jauh lebih besar dengan begitu kamar ini akan terlihat lebih lega dari kamar sebelumnya serta pencahayaan kamar ini jauh lebih terang. Jendela kamar ini tidak perlu dipakai teralis besi karena bagian bawah jendelanya menggunakan jendela mati dan yang bisa dibuka hanya bagian atasnya saja.

7. Kamar Mandi Anak

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Kamar mandi anak berukuran 2x2 meter. Dengan ukuran tersebut kamar mandi ini bisa ditempatkan shower serta wastafel. Kloset duduk serta wastafel kamar mandi ini masih bisa ditempatkan bukaan jendela sehingga sirkulasi udara dan cahaya kamar mandi ini akan sangat baik.

Sekedar informasi, hampir semua ruangan di rumah ini memiliki bukaan jendela dimana hanya 1 ruangan saja yang tidak terdapat jendela yaitu gudang. 

8. Kamar Tidur 3

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Menuju ke lantai berikutnya, dengan perbedaan ketinggian lantai terhadap lantai sebelumnya yaitu 1.6 meter. Jadi perbedaan semua ketinggian lantai pada rumah ini yaitu 1.6 meter. Pada lantai ini hanya terdapat 1 kamar tidur yang dilengkapi kamar mandi pribadi. 

Untuk Area tempat tidur berukuran 3.5x2.5 meter. dengan ketinggian plafon 2.8 meter. dengan ukuran tersebut area ini bisa ditempatkan tempat tidur queen size dengan 2 buah bedside table. Tempat tidur Queen size yaitu tempat tidur yang berukuran 160x200 cm. Kamar ini terdapat bukaan kaca yang besar dari arah depan dan pada bagian depan kamar ini bisa diubah menjadi balkon jadi selain ada rooftop rumah ini juga ada balkon untuk tempat bersantai.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Pada sudut kamar lainnya terdapat space yang berukuran 2.5x2 meter, dimana space tersebut dimanfaatkan untuk penempatan lemari pakaian. Lemari pakaian tersebut bisa menampung untuk kebutuhan 2 orang. 
Untuk kamar mandi berukuran 1.5x1.5 meter, dengan ukuran tersebut kamar mandi ini masih bisa ditempatkan shower, kloset duduk, serta wastafel. Selain itu kamar mandi ini juga masih terdapat bukaan jendela untuk sirkulasi udara, jadi kamar mandi ini tidak akan lembab. 

9. Kamar Tidur 4 (Kamar Utama) + Ruang Kerja

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)


Lanjut kita ke lantai berikutnya dimana pada lantai selanjutnya terdapat kamar tidur utama dengan kamar mandi pribadi serta adanya studio youtube atau ruang kerja. Ruang kerja berukuran 3 x 3.25 meter dengan ketinggian plafon 2.8 meter. Ruangan ini masih terdapat bukaan jendela geser dari arah rooftop, namun dengan posisi jendela yang sedikit lebih tinggi. Ruangan ini cukup luas, jadi sangat leluasa untuk digunakan sebagai tempat kerja. 

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Lanjut kita ke kamar tidur utama berukuran 5 x 3.25 meter. Ukuran tersebut termasuk ukuran kamar mandi, karena kamar utama jadi untuk tempat tidurnya sendiri memiliki ukuran yang lebih besar dibanding kamar lainnya, yaitu tempat tidur king size yaitu tempat tidur yang berukuran 180x200 cm. Kamar ini juga memiliki lemari pakaian yang lebih besar yang tentunya cukup untuk dipakai oleh 2 orang. Dan untuk kamar mandinya berukuran 2 x 1.5 meter. Ukuran kamar mandinya lebih besar dibandingkan kamar mandi yang sebelumnya namun lebih kecil dari kamar mandi anak, tapi untuk fungsi ataupun penempatan peralatannya sama saja yaitu bisa ditempatkan shower, kloset duduk, serta wastafel. 

10. Rooftop

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Bagian terakhir dari rumah ini yaitu rooftop. Berukuran 5 x 3.5 meter, rooftop ini cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai ataupun acara barbeque.

Estimasi biaya pembangunan rumah ini yaitu sekitar 500-600 juta rupiah. Biaya pembangunan tersebut yaitu biaya material sama biaya tukang. tetapi belum termasuk interior dan furniture. Perlu sahabat inspirasi ketahui, bahwa perkiraan tersebut berdasarkan perhitungan kasar jadi pada realisasinya bisa lebih murah lagi atau bahkan lebih mahal.

Semoga desain rumah ini dapat memberi inspirasi untuk sahabat yang sedang merancang rumah idamannya. Jika sahabat hendak membangun rumah dengan menggunakan desain ini, harap konsultasikan dengan arsitek maupun tukang, karena desain rumah ini masih banyak kekurangan. 

Sekian desain rumah kali ini terimakasih sudah mampir, sampai jumpa lagi sahabat inspirasi rumah idaman.

Posting Komentar untuk "Desain dan Denah Rumah Idaman Split Level ukuran 5x10 meter"