Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Denah dan Desain Rumah Mungil Idaman Milenial 3x10 meter dalam Gang Kecil


InspirasiRumahIdaman.my.id - Selamat datang sahabat inspirasi rumah idaman. Kesempatan kali ini saya akan membagikan inspirasi desain rumah yang berada di lahan dalam gang dimana ukuran lahannya yaitu 3x10 meter. Eksterior rumah ini menggunakan konsep industrial, terlihat dari fasad rumah yang menggunakan roster beton serta finishing dinding yang dikamprot pada lantai 2 yang akan membuat rumah terlihat lebih elegan dan terkesan modern. 

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Dibalik roster beton terdapat tempat parkir motor atau motorport. Ukuran motorport ini yaitu 3 x 2 meter. Motorport ini bisa ditempatkan 2 unit sepeda motor berukuran standar.

1. Ruang Keluarga

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Begitu masuk rumah kita akan disambut dengan ruang keluarga. Ukuran ruangan ini yaitu 3x3.5 meter dengan ketinggian plafon 2.8 meter. Zaman sekarang, luas lahan semakin terbatas sehingga rumah modern biasanya tidak terdapat ruang tamu. Selain itu keluarga masa kini jarang mementingkan ruang tamu karena ruangan tersebut jarang digunakan. Jadi acara kumpul–kumpul biasanya dialihkan ke ruang keluarga. Itulah alasannya kenapa ruang keluarga ditempatkan dibagian depan rumah sehingga ruang keluarga ini bisa dijadikan ruang tamu.

Untuk area kosong dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk rak sepatu selain untuk memaksimalkan setiap sudut ruangan. Rak sepatu tersebut akan membuat rumah terlihat bersih dan rapi. Di samping rak sepatu terdapat sebuah rak yang menyatu dengan railing tangga. Rak tersebut digunakan untuk pajangan ataupun rak buku. 

2. Dapur

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Dapur berukuran 3 x 2.5 meter dengan ketinggian plafon 2.8 Meter. Karena ukuran ruangan yang tidak terlalu luas sehingga meja makan dapur ini menggunakan model mini bar, selain berfungsi untuk meja makan mini bar ini juga berfungsi untuk storage tambahan, sehingga rumah ini bisa menampung lebih banyak perabotan dapur. Mini bar ini hanya bisa menampung 3 orang.

Untuk keperluan memasak dapur ini terdapat kitchen set yang tidak terlalu besar, dimana untuk perlengkapannya kitchen set ini dilengkapi dengan wastafel kompor 2 tungku cooker hood serta kulkas. Walaupun dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun dapur ini akan cukup untuk ukuran keluarga kecil.

3. Powder Room / Toilet Tamu

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Powder room atau toilet untuk tamu ini berukuran 1.5x1 meter. Toilet ini hanya diperuntukan untuk keperluan buang air besar ataupun buang air kecil, jadi tidak bisa digunakan untuk keperluan mandi. Di dalam powder room ini hanya ditempatkan wastafel serta kloset duduk. Untuk sirkulasi cahaya dan udara powder room ini masih terdapat bukaan jendela kecil, jadi ruangan ini tidak akan terasa pengap.
 
4. Taman Belakang

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Pada bagian belakang rumah ini terdapat ruang terbuka berukuran 1.5x1 meter yang digunakan sebagai void atau taman belakang, walaupun di bagian kiri kanan dan belakang terdapat rumah tetangga. Rumah ini akan tetap mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang cukup, sehingga rumah ini tidak akan terasa pengap karena sirkulasi udara dan cahayanya lebih maksimal.

5. Kamar Tidur 1 (Kamar Utama)

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Menuju ke lantai 2, kita akan melewati tangga dengan lebar anak tangga 80 cm tinggi anak tangga 20 cm serta kedalaman pijakan anak tangga 28 cm. Ketinggian anak tangga mungkin bisa disesuaikan dengan kenyamanan namun berhubung lahan terbatas. Jadi ketinggian anak tangga pada rumah ini saya buat menjadi 20 cm. 

Kamar tidur utama di lantai 2 ini berukuran 3 x 4 meter dengan ketinggian plafon 2.8 meter. Ukuran tersebut sudah termasuk ukuran kamar mandinya. Dikarenakan tidak bisa ditempatkan bedside table, jadi untuk tempat penyimpanan gadget ataupun handphone bisa ditempatkan pada sebuah ambalan di atas headboard.

Kamar tidur utama ini menggunakan tempat tidur queen size yaitu tempat tidur yang berukuran lebar 160 cm serta panjang 200 cm, sedangkan untuk perlengkapan furniture pada kamar tidur ini terdapat meja rias beserta lemari pakaian. Lemari pakaian menggunakan model pintu geser. Penggunaan pintu geser akan memudahkan penggunaan karena model pintu geser tidak terlalu memakan space

6. Kamar Mandi Utama

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Kamar mandi utama berukuran 1.5x1.5 meter. Dengan ukuran tersebut kamar mandi ini dapat ditempatkan wastafel, shower, serta kloset duduk. Kamar mandi ini terdapat bukaan jendela yang berukuran 40x60 cm sehingga kamar mandi ini bisa mendapatkan cahaya alami di siang hari.

7. Kamar Tidur 2

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Kamar Tidur ke 2 berukuran 3 x 2.5 meter dengan ketinggian plafon 2.8 meter. Berbeda dengan kamar tidur utama, ukuran tersebut tidak termasuk kamar mandi untuk penempatan furniture. Kamar ke-2 ini dilengkapi dengan meja belajar, tempat tidur single size yaitu tempat tidur yang memiliki lebar 90 cm serta panjang 200 Cm dan terdapat lemari pakaian model pintu geser yang sama seperti kamar utama.

Pada kamar ini juga terdapat kamar mandi pribadi yang berukuran 2 x 1 meter, dengan ukuran tersebut kamar mandi ini bisa ditempatkan wastafel, kloset duduk beserta shower. Kamar mandi ini juga terdapat bukaan jendela dari arah void dengan ukuran 40x60 cm. 

8. Kamar Tidur 3

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Menuju ke lantai ke 3 kita akan melewati tangga dengan lebar anak tangga 80 cm tinggi anak tangga 20 cm serta kedalaman pijakan anak tangga 28 cm. Pada lantai 3 ini terdapat kamar tidur ke 3. Kamar ini memiliki ukuran yang Sama seperti kamar tidur ke 2, yaitu 3x2.5 meter. Untuk penempatan furniturnya juga sama masih sama dengan kamar tidur 2, seperti meja belajar tempat tidur single size dan lemari pakaian.

Kamar ini memiliki kamar mandi pribadi yang berukuran 2 x 1 meter. Dengan ukuran tersebut kamar mandi ini bisa ditempatkan wastafel, kloset duduk beserta shower. Kamar mandi ini juga terdapat bukaan jendela dari arah void dengan ukuran jendelanya yaitu 40x60 cm. 

9. Ruang Cuci / Service Area dan Balkon

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Ruangan service area atau ruang cuci berukuran 3x1 meter dan bisa ditempatkan 1 unit mesin cuci front loading beserta kabinet untuk penyimpanan deterjen ataupun sabun cuci. Bagian terakhir dari rumah ini yaitu balkon yang berukuran 3x3 meter. 

Untuk estimasi biaya pembangunan rumah ini yaitu sekitar 280-320 juta rupiah. Biaya pembangunan tersebut yaitu biaya material dan biaya tukang serta belum termasuk interior dan furniture. Perlu sahabat inspirasi rumah idaman ketahui, bahwa perkiraan tersebut berdasarkan perhitungan kasar, jadi pada realisasinya bisa lebih murah lagi atau bahkan lebih mahal.

Semoga desain rumah ini dapat memberi inspirasi untuk sahabat yang sedang merancang rumah idamannya. Jika sahabat hendak membangun rumah dengan menggunakan desain ini, harap konsultasikan dengan arsitek maupun tukang, karena desain rumah ini masih banyak kekurangan. 

Sekian desain rumah kali ini terimakasih sudah mampir, sampai jumpa dikesempatan yang lain sahabat inspirasi rumah idaman, semoga sehat selalu.

Posting Komentar untuk "Denah dan Desain Rumah Mungil Idaman Milenial 3x10 meter dalam Gang Kecil"