Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain dan Denah Rumah Idaman Minimalis Low Budget 4x8 meter 3 Kamar Tidur


InspirasiRumahIdaman.my.id - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas desain rumah yang berukuran 4x8 meter, yang berdiri di atas lahan 4x12 meter. Dengan luas tanah hanya berukuran 4x12 meter, akan sangat sulit bagi sahabat inspirasi rumah idaman untuk membuat rumah 1 lantai dengan 3 kamar tidur dan jika dibuat menjadi rumah 2 lantai, akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal.
Tapi ada salah satu cara yang bisa mengatasi hal tersebut yaitu memanfaatkan loteng yang merupakan sebuah ruangan yang terletak di bawah atap.

Pada desain kali ini, loteng tersebut dimanfaatkan untuk tempat tidur tambahan. Dengan cara tersebut, akan lebih realistis membangun rumah dengan biaya yang jauh lebih murah dari rumah 2 lantai. Tapi akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan rumah 1 lantai biasa.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Untuk ketinggian rumah ini yaitu 4.8 meter sampai 6.2 meter. Yang artinya tinggi rumah ini hampir sama dengan rumah 1 lantai pada umumnya. Halaman depan rumah berukuran 4x3 meter. Halaman depan tersebut dimanfaatkan untuk taman, motorsport serta teras Jadi walaupun ukuran lahan sempit tapi rumah ini masih terdapat bukaan yang cukup luas. 

1. Ruang Utama.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Pada bagian dalam rumah terdapat ruang utama. Ruangan ini berukuran 3x5 meter dengan ketinggian terhadap loteng yaitu 2.8 meter. Ruangan ini terdiri dari ruang keluarga dan dapur dimana ruangan ini dibuat menyatu atau open space. Terdapat sebuah tangga untuk mengakses loteng, tapi sebelum ke loteng mari kita lihat dapurnya terlebih dahulu.

2. Dapur

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Karena ini rumah compact, jadi untuk meja makannya dibuat sesederhana mungkin. Model meja makan di rumah ini menggunakan model meja bar atau bisa juga disebut kitchen island dengan ukuran yang lebih kecil. Penggunaan meja makan seperti ini dipakai untuk lebih menghemat space. Selain itu, meja seperti ini juga multifungsi, jadi bisa juga digunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan. 

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Untuk kitchen set-nya sendiri berukuran panjang 2 meter dimana kitchen set ini bisa ditempatkan cooker hood, kompor 2 tungku, kitchen sink, serta kabinet atau ruang penyimpanan yang cukup banyak. Ruang di bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk penempatan kulkas serta storage tambahan sehingga setiap sudut di rumah ini dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

3. Kamar Mandi.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Kamar mandi berukuran 1 x 3 meter kamar mandi ini masih bisa ditempatkan bukaan jendela untuk ventilasi udara. Sehingga kamar mandi ini tidak akan bau. Dan untuk perlengkapannya, kamar mandi ini dilengkapi shower, kloset duduk, serta wastafel.

4. Kamar Tidur ke-1.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Kamar ini berukuran 3x3 meter dengan ketinggian plafon 2.8 meter. Dengan ukuran tersebut, kamar ini dapat ditempatkan tempat tidur queen size, yaitu tempat tidur yang berukuran lebar 160 cm serta panjang 200 cm. Selain tempat tidur, kamar ini juga bisa ditempatkan meja rias, dan lemari pakaian. Untuk perlengkapan atau penempatan furniture pada kamar ini harus sangat diperhatikan karena ukuran kamar yang tidak terlalu luas. Jadi sebelum membeli furniture, alangkah lebih baiknya dipikirkan terlebih dahulu. Dimulai dari kebutuhannya maupun ukurannya, karena jika tidak dipikirkan terlebih dahulu, akan membuat kamar ini terlihat sumpek.

5. Area Belakang Rumah.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Ruang kosong dibelakang rumah berukuran 4x1 meter. Pada ruang kosong ini bisa ditempatkan mesin cuci, dimana pada bagian atas mesin cuci terdapat dak beton untuk melindungi mesin dari hujan, halaman belakang ini juga berfungsi sebagai void. Jadi walaupun dibagian kiri, kanan, dan belakang terdapat rumah tetangga, rumah ini tetap akan mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Serta pencahayaan yang lebih maksimal.

6. Ruangan di Tangga.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Dengan melewati tangga dengan lebar 85 cm membuat tangga ini tidak terlalu sempit dan juga tidak terjal, jadi akan sangat aman dan nyaman untuk dilewati. Terdapat sebuah ruang kosong, ruang kosong tersebut tepat diatas kamar mandi. Ruangan ini dapat dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan barang yang jarang digunakan. Atau bisa dijadikan gudang, dan jika ingin terlihat rapi, anda bisa menambahkan penutup atau pintunya. Area tangga akan selalu terlihat terang pada siang hari berkat adanya bukaan jendela. Jadi, rumah ini akan lebih hemat listrik karena tidak perlu penggunaan lampu disiang hari.

7. Kamar Tidur ke-2.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Kamar ini berukuran 3x4 meter dan untuk ketinggian plafonnya yaitu 1.3 sampai 2.6 meter. Plafon kamar ini mengikuti bentuk atap. Sehingga akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Kamar ini dapat ditempatkan tempat tidur queen size, 2 buah bedside table, meja belajar, serta lemari pakaian. Untuk mengurangi teriknya panas matahari, anda bisa melapisi atap rumah dengan menggunakan alumunium foil khusus atap. Harga aluminium foil tersebut tidak terlalu mahal yaitu sekitar Rp. 300.000 per roll, dimana 1 roll bisa digunakan untuk luasan 30 m2, artinya per meter hanya Rp. 10.000. Selain berfungsi untuk meredam panas, aluminium foil juga bisa meminimalisir terjadinya bocor sehingga plafon akan lebih terlindungi dari air hujan.

8. Kamar Tidur ke-3.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Kamar ini berukuran 3x3 meter dan untuk ketinggian plafonnya yaitu 1.3 sampai 2.6 meter. Kamar ini dapat ditempatkan tempat tidur single size, 2 buah bedside table, meja belajar, dan lemari pakaian. Untuk lantai loteng ini sahabat inspirasi rumah idaman bisa menggunakan rangka besi hollow ukuran 5x10 ataupun 4x8. Dan untuk lantainya bisa menggunakan kalsifloor tebal 20 mm, tapi jika ingin lebih menghemat biaya bisa menggunakan multiplek tebal 18 mm. Dimana harga multiplek 18 mm yaitu Rp. 250.000 per lembar. Sedangkan kalsifloor per lembar yaitu Rp. 600.000, dan untuk kekuatannya sudah jelas lebih bagus menggunakan kalsifloor. Dinding pemisah antar kamar loteng menggunakan kalsiboard dengan rangka baja ringan. Sehingga akan lebih menghemat biaya, selain itu juga tidak akan terlalu membebani struktur bangunan. Karena dinding dari bahan tersebut jauh lebih ringan dibandingkan dengan dinding bata konvensional. 

Berikut denah lantai 1 dan 2 sebagai inspirasi untuk sahabat yang membutuhkan.

Sumber: youtube (diunggah oleh Dodi Kuswandi)

Sekian desain rumah kali ini terimakasih sudah mau mampir ke website ini, dan sampai jumpa dilain kesempatan.

Posting Komentar untuk "Desain dan Denah Rumah Idaman Minimalis Low Budget 4x8 meter 3 Kamar Tidur"