Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Tips Bermanfaat Seputar Dunia Perdapuran


InspirasiRumahIdaman.my.id - Bagi para sahabat yang sering beraktivitas di dapur, pasti memiliki berbagai metode dalam melakukan aktivitasnya baik itu saat menyimpan bahan makanan, saat memasak, sampai dengan akhirnya menghidangkan masakannya kepada keluarga tercinta. Berikut kami rangkum 16 Tips Bermanfaat Seputar Dunia Perdapuran yang bisa sahabat praktekkan di rumah.


1. Mencuci Kangkung dan Selada

Saat mencuci kangkung, arnong/ selada air atau genjer serta tanaman air lainnya, jangan lupa dibilasan pertama bubuhkan sesendok garam lalu diamkan sejenak, agar binatang-binatang kecil yang mungkin hidup di batang dan daunnya mati.

Biasanya binatang yang sering ditemukan antara lain lintah, keong, ulat dan cacing air. Pada sayuran brokoli dan kembang kol juga sering ditemui adanya ulat, maka sahabat jangan lupa ya untuk menggunakan cara ini.


2. Menyimpan Tempe dan Tahu

Agar tempe tidak mudah busuk, maka sahabat jangan menyimpannya berdekatan dengan garam. Sedangkan untuk tahu, agar lebih awet ketika disimpan, maka perlu dicuci dengan air bersih terlebih dahulu, kemudian siram dengan air panas, lalu di lap dengan tisu dapur. Setelah itu, simpan tahu kedalam tupperware, tutup rapat, kemudian letakkan kedalam kulkas. Dengan cara ini, tahu bisa tahan hingga 1 minggu.


3. Menghilangkan pahit pada Bunga Pepaya, Daun Pepaya dan Pare

Agar kembang kates, daun kates/pepaya dan pare tidak terlalu pahit ketika dimasak, maka sebaiknya sahabat merebus dulu sebentar di air rebusan daun jambu biji. Adapun caranya yaitu rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu hingga mendidih, lalu masukkan daun jambu dan tunggu sekitar 5 menit. Setelah itu barulah sahabat masukkan kembang/ daun pepaya/kare, diamkan sebentar dan matikan api.

Setelah itu tiriskan daun/ kembang pepaya/kare, lalu kemudian masak sesuai selera. Adapun cara lainnya yaitu dengan mengganti daun jambu biji dengan asam jawa.


4. Membersihkan Peralatan Masak yang Kusam

Jika peralatan masak kusam akibat noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir/kunyit, atau panci yang terlalu sering dibuat merebus air sehingga warnanya menjadi kekuningan, maka segera ambil satu sendok baking soda, beri sedikit air bersih, kemudian gosok-gosokkan ke panci. Setelah itu, diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih. Dengan cara ini noda atau kusam tadi akan hilang, jika masih ada noda yang terlihat, maka langkah tersebut bisa diulang kembali.


5. Menyimpan Sayuran di Kulkas

Jika menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan menggunakan tas plastik kresek, tetapi gunakanlah koran atau majalah bekas. Sebab, dengan cara ini, maka dapat mencegah air embun sayuran menggenang masuk dan mengakibatkan sayur cepat busuk.


6. Menghindarkan Kutu pada Beras

Agar beras tidak dikunjungi kutu beras, maka letakkan sebungkus plastik yang berisi beberapa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang pada plastiknya. Aroma kopi tersebut akan mengusir kutu beras, sehingga dapat menghindarkan kutu pada beras yang sahabat simpan.


7.  Menghilangkan Rasa Panas/ Perih Pada Tangan Karena Cabe/ Sambal

Untuk menghilangkan rasa panas/ perih di tangan akibat terlalu lama berkontak dengan cabe atau sambal, maka bisa dilakukan dengan cara mencuci bersih tangan dengan sabun sampai dua atau tiga kali, kemudian keringkan dengan lap dan masukkan tangan ke dalam beras, benam dan remas-remas beras beberapa menit. Dengan cara ini akan menghilangkan rasa panas/ perih pada tangan akibat terkena cabe / sambal.


8. Menyimpan Daging di Freezer

Jika menyimpan daging di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk freezer berulangkali, karena hal ini dapat menyebabkan bakteri berkembang biak. sebaiknya potong-potong dadu dagingnya sesuai dengan perkiraan kebutuhan per tiap kali sahabat memasak, kemudian simpan di plastik kecil secara terpisah. Ketika akan memasak, tingak mengambil seperlunya saja.

9. Menggoreng cabe

Agar cabe tidak meletup-letup ketika digoreng, maka jangan lupa sahabat tusuk atau lukai sedikit cabe tersebut dengan pisau sebelum digoreng.


10. Mengiris Bawang Merah

Agar mata tidak pedih ketika mengiris bawang merah, maka letakkan wadah berisi garam disamping telenan. Dengan cara ini maka dapat menghindarkan mata dari rasa perih.


11. Mengolah Telur

-Agar telur rebus tidak susah dikupas setelah direbus, jangan lupa celupkan kedalam air es saat telur tersebut baru matang/ masih panas. 

-Ketika akan mengocok telur untuk berbagai macam kue, pastikan telur dalam keadaan suhu ruang (bukan dingin karena baru keluar dari kulkas) karena hal ini dapat membuat adonan menjadi tidak mengembang. 

-Untuk mengetahui telur busuk atau tidak, bisa menggunakan tes apung air, jika telur mengapung di atas air maka menandakan bahwa telur tersebut sudah busuk.


12. Menetralisir Bau dalam Kulkas

Untuk menetralisir bau dalam kulkas, maka sahabat dapat menggunakan kentang. Caranya belah kentang dan letakkan di rak kulkas, kentang dapat menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.


13. Menggoreng Ikan

Agar ikan tidak lengket di penggorengan, gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan sekali-kali menggoreng ikan di wajan yang pernah atau sering dipakai untuk menumis, karena menggoren pada wajan tersebut akan membuat ikan lengket dan hancur ketika dibalik. Bisa juga dengan cara mengolesi sedikit garam ke wajan sebelum di tuangi minyak goreng.


Bagaimana sahabat inspirasi rumah idaman?, semoga 13 Tips Bermanfaat Seputar Dunia Perdapuran bisa menjadi inspirasi sahabat yang senang beraktivitas di dapur.
Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "13 Tips Bermanfaat Seputar Dunia Perdapuran"